Intercounbix Indonesia

Shaping a sustainable future

Transfer Pricing | Accounting | Tax | Business Advisory

25 Juta Surat Dikirimkan Oleh DJP Kepada Wajib Pajak, Perihal Apa?

IBX-Jakarta. Mulai 28 Februari 2024 Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan secara bertahap akan mengirimkan email blast kepada 25 juta Wajib Pajak (WP). Email blast yang dikirim oleh DJP atau yang biasa disebut sebagai “surat cinta” ini berisikan tentang pengingat untuk segera melaporkan surat pemberitahuan (SPT) Tahunan.

25 Juta Wajib Pajak yang terpilih untuk dikirimkan email blast terdiri dari 23,5 juta Wajib Pajak Orang Pribadi dari 73,13 juta Wajib Pajak Orang Pribadi dan 1,5 juta Wajib Pajak Badan. WP yang terpilih dilakukan atas beberapa pertimbangan, yaitu dari tingkat kepatuhan pelaporan SPT setiap tahunnya hingga data-data yang dimasukkan dalam SPT nya kerap tidak lengkap.

Khusus untuk pemberi kerja Wajib Pajak Orang Pribadi atau perusahaan dimana tempat Wajib Pajak Orang Pribadi tersebut bekerja, DJP mengirimkan email blast ke 396.622 perusahaan. Angka tersebut tentunya mengalami peningkatan dari jumlah perusahaan yang mendapat email blast tahun lalu, yaitu sekitar 230 ribu.

Email blast yang dikirimkan oleh DJP tidak berisikan sebuah dokumen, terutama dokumen APK. Namun, email blast yang dikirimkan hanya berisi pesan pengingat menggunakan bahasa yang tidak mengintimidasi agar Wajib Pajak segera melaporkan SPT Tahunan sebelum masa tenggat yang ditetapkan, yaitu 31 Maret 2024 untuk SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi dan 30 April 2024 untuk SPT Tahunan Wajib Pajak Badan.

DJP juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa harus berhati-hati atas penipuan yang mengatasnamakan DJP di musim lapor SPT Tahunan. Selain itu, DJP juga mengambil langkah untuk bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan beberapa penegak hukum terkait untuk mengurangi kasus penipuan yang mengatasnamakan DJP.

Sumber: Pengumuman! 25 Juta Wajib Pajak Bakal Dapat ‘Surat Cinta’, Ini Isinya

*Disclaimer*

Recent Posts

PPN PMSE Atas Pembelian Digital di Game Online

Jakarta-IBX. Game online merupakan salah satu kegemaran remaja bahkan orang dewasa di Indonesia. Game online yang ramai dimainkan oleh masyarakat Indonesia sangatlah beragam, mulai dari yg dimainkan di smartphone dan komputer. Game online yang ramai di Indonesia antara lain Mobile Legends, Dota2, Valorant, Counter Strike, dan masih banyak yang lainnya.

Read More »

Mengenal Lebih Dalam Terkait Barang Lartas

IBX-Jakarta. Dalam ketentuan terkait Bea dan Cukai di Indonesia terdapat sebuah istilah yang disebut sebagai Barang Lartas (barang pelarangan dan pembatasan). Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan 161/PMK.04/2007 jo PMK 141/PMK.04/2020 tentang Pengawasan Terhadap Impor atau Ekspor Barang Larangan dan/atau Pembatasan, menjelaskan bahwa barang lartas adalah barang yang dilarang dan/atau dibatasi pemasukannya

Read More »