Intercounbix Indonesia

Shaping a sustainable future

Transfer Pricing | Accounting | Tax | Business Advisory

Accounting Insights

Liabilitas Jangka Pendek

IBX-Jakarta. Utang merupakan kewajiban untuk membayar yang dicatat sebagai liabilitas (liability) oleh debitur. Liabilitas jangka panjang adalah utang dengan periode jatuh tempo lebih dari satu tahun

Pembelian Secara Kredit, Apa Keuntungannya Bagi Perusahaan?

IBX-Jakarta. Kredit jangka pendek juga digunakan oleh pelaku bisnis untuk memudahkan pembelian barang guna keperluan produksi atau dalam jumlah besar. Lebih penting lagi, kredit jangka pendek memberikan pengendalian terhadap pembayaran barang dan jasa.

Bagaimana Perhitungan Liabilitas Untuk Penghasilan Karyawan?

IBX-Jakarta. Besaran gaji biasanya dinyatakan dalam satu bulan atau satu tahun. Istilah upab (wage) biasanya mengacu pada pembayaran tenaga kerja buruh pabrik, baik yang memiliki keahlian ataupun tidak. Besaran upah biasanya dinyatakan dalam basis per jam atau per minggu. Dalam praktiknya, istilah gaji dan upah sering kali tertukar digunakan. Gaji atau upah pokok seorang karyawan dapat ditingkatkan dengan pemberian bonus, komisi, pembagian laba, atau penyesuaian biaya hidup

Perusahaan Wajib Tahu Mengenai Tunjangan Pascakerja Selain Pensiun & Tunjangan Tambahan Bagi Karyawan !

IBX-Jakarta. Akuntansi untuk tunjangan pascakerja lainnya mirip dengan program dana pensiun dengan manfaat pasti. Perkiraan beban tunjangan tahunan dicatat dengan mendebit Beban Iunjangan Pascakerja (Postretirement Benefits Expense). Jika tunjangan dibiayai seluruhnya, Kas dikredit dengan jumlah yang sama. Jika tunjangan tidak dibiayai seluruhnya, akun Utang Imbalan Pascakeria juga dikreditkan.

Manfaat Ekonomis Audit Bagi Perusahaan!

IBX-Jakarta. Manfaat Ekonomis Suatu Audit yaitu; Akses ke Pasar Modal, Biaya Modal Menjadi Lebih Rendah, Pencegah Terjadinya Kekeliruan dan Kecurangan.

Liabilitas Kontinjensi Dalam PSAK 57

IBX-Jakarta. Menurut PSAK 57 Liabilitas Kontinjensi yaitu kewajiban potensial yang timbul dari peristiwa masa lalu dan keberadaannya menjadi pasti dengan terjadi atau tidak terjadinya satu peristiwa atau lebih pada masa datang yang tidak sepenuhnya berada dalam kendali entitas.