Intercounbix Indonesia

Shaping a sustainable future

Transfer Pricing | Accounting | Tax | Business Advisory

Adakah Perbedaan Antara Pembetulan SPT dengan Pengungkapan Ketidakbenaran Pengisian SPT?

IBX-Jakarta. Surat Pemberitahuan (SPT) merupakan surat yang dipergunakan oleh Wajib Pajak dalam rangka melaporkan penghitungan dan/atau pembayaran pajak. objek pajak dan/atau bukan objek pajak, dan/atau harta dan kewajiban sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Adapun salah satu kewajiban Wajib Pajak adalah terkait dengan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan. SPT Tahunan merupakan Surat Pemberitahuan untuk suatu Tahun Pajak atau Bagian Tahun Pajak.

Melansir dari Pajak.com (11/03/2024), SPT Tahunan merupakan sarana pelaporan pajak yang berisi penghasilan, biaya, laba atau rugi, pajak yang terutang, kredit pajak, harta, serta kewajiban dalam suatu tahun pajak yang wajib diisi oleh Wajib Pajak dengan benar, lengkap, dan jelas.

Dalam hal pelaporan SPT Tahunan tersebut, Wajib Pajak diberikan kesempatan untuk melakukan pembetulan ataupun pengungkapan ketidakbenaran apabila terdapat kesalahan pada saat pengisian SPT.

Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-02/PJ/2019 Pasal 1 Ayat 7, SPT Pembetulan adalah SPT yang disampaikan Wajib Pajak dalam rangka membetulkan SPT yang telah disampaikan sebelumnya.

Mengacu pada UU No. 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) Wajib Pajak dapat melakukan pembetulan SPT yang telah disampaikan atas kemauan sendiri, dengan syarat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) belum melakukan Tindakan pemeriksaan.

Sementara, pengungkapan ketidakbenaran pengisian SPT Tahunan sebagaimana dimaksud dalam penjelasan Pasal 8 Ayat 4 UU HPP merupakan laporan tersendiri yang disampaikan oleh Wajib Pajak kepada Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Lebih lanjut, pengungkapan ketidakbenaran tersebut harus mencerminkan keadaan yang sebenarnya, sehingga dapat diketahui jumlah pajak yang sesungguhnya terutang. Namun, dalam rangka membuktikan kebenaran laporan Wajib Pajak tersebut, proses pemeriksaan tetap dilanjutkan sampai selesai.

Sumber: Cermati Perbedaan Pembetulan SPT dengan Pengungkapan Ketidakbenaran Pengisian SPT (Pajak.com)

Recent Posts

PPN PMSE Atas Pembelian Digital di Game Online

Jakarta-IBX. Game online merupakan salah satu kegemaran remaja bahkan orang dewasa di Indonesia. Game online yang ramai dimainkan oleh masyarakat Indonesia sangatlah beragam, mulai dari yg dimainkan di smartphone dan komputer. Game online yang ramai di Indonesia antara lain Mobile Legends, Dota2, Valorant, Counter Strike, dan masih banyak yang lainnya.

Read More »

Mengenal Lebih Dalam Terkait Barang Lartas

IBX-Jakarta. Dalam ketentuan terkait Bea dan Cukai di Indonesia terdapat sebuah istilah yang disebut sebagai Barang Lartas (barang pelarangan dan pembatasan). Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan 161/PMK.04/2007 jo PMK 141/PMK.04/2020 tentang Pengawasan Terhadap Impor atau Ekspor Barang Larangan dan/atau Pembatasan, menjelaskan bahwa barang lartas adalah barang yang dilarang dan/atau dibatasi pemasukannya

Read More »