Intercounbix Indonesia

Shaping a sustainable future

Transfer Pricing | Accounting | Tax | Business Advisory

Analisis laporan keuangan dan macam-macam analisis pada laporan keuangan

Menganalisis laporan keuangan berarti mengevaluasi tiga karakter dari perusahaanL likuidasinya, profitabilitasnya, dan solvabilitasnya, beragam cara digunakan untuk mengevaluasi pentingnya data laporan keuangan. Tiga cara umum digunakan sebagai berikut:

1.     Analisis Horizontal, Mengevaluasi serangkaian data laporan keuangan selama periode waktu tertentu.

2.     Analisis vertikal,  mengevaluasi data laporan keuangan dengan menyatakan setiap pos dalam laporan keuangan sebagai persentase dari jumlah yang akan menjadi dasar.

3.     Analisis rasio, menyatakan hubungan di antara pos- pos yang dipilih dari data laporan keuangan.

Analisis horizontal

Analisis horizontal, yang disebut juga analisis tren( trend analysis) adalah sebuah Teknik mengevaluasi serangkaian data laporan keuangan selama periode waktu tertentu . Tujuannya adalah untuk menentukan kenaikan atau penurunan yang terjadi. Perubahan ini dapat dinyatakan dengan baik dalam jumlah maupun persentase

Analisis vertikal

Analisis vertikal paling umum digunakan dalam laporan keuangan untuk satu periode pelaporan, misalnya triwulanan. Hal itu dilakukan agar akuntan dapat memastikan proporsi relatif saldo tiap akun. Analisis vertikal sangat berguna saat memetakan analisis regresi Analisis Regresi Analisis regresi adalah sekumpulan metode statistik yang digunakan untuk memperkirakan hubungan antara variabel dependen dan satu atau lebih variabel independen. Ini dapat digunakan untuk menilai kekuatan hubungan antara variabel dan untuk memodelkan hubungan masa depan di antara mereka. atau analisis tren rasio. Ini memungkinkan akuntan untuk melihat perubahan relatif dalam akun perusahaan selama periode waktu tertentu. Analisis ini sangat mudah dilakukan dengan basis komparatif.

Keuntungan Analisis Vertikal

Analisis vertikal menyederhanakan korelasi antara satu item di neraca Neraca Neraca adalah salah satu dari tiga laporan keuangan fundamental. Pernyataan ini adalah kunci untuk pemodelan keuangan dan akuntansi. Neraca menampilkan total aset perusahaan, dan bagaimana aset ini dibiayai, baik melalui hutang atau ekuitas. Aset = Kewajiban + Ekuitas dan intinya, seperti yang dinyatakan dalam persentase. Persentase dapat digunakan oleh manajemen perusahaan untuk menetapkan tujuan dan batas ambang batas. Misalnya, manajemen dapat mempertimbangkan untuk mematikan unit tertentu jika laba per unit turun di bawah persentase ambang tertentu.
Ini adalah alat yang relatif lebih kuat daripada analisis horizontal, yang menunjukkan perubahan yang sesuai dalam keuangan unit / akun / departemen tertentu selama periode waktu tertentu.
Ini juga berguna dalam membandingkan laporan keuangan perusahaan dengan tren rata-rata di industri. Tidaklah efektif untuk menggunakan jumlah dolar sebenarnya saat menganalisis seluruh industri. Persentase berukuran umum memecahkan masalah seperti itu dan memfasilitasi perbandingan industri.
Ini juga sangat efektif saat membandingkan dua atau lebih perusahaan yang beroperasi di industri yang sama tetapi dengan ukuran yang berbeda. Seringkali sulit untuk membandingkan neraca perusahaan $ 1 miliar dengan yang bernilai $ 500.000. Analisis vertikal memungkinkan akuntan Panduan Gaji Akuntansi Dalam panduan gaji akuntansi ini, kami memberi Anda angka kompensasi titik tengah untuk mereka yang bekerja di akuntan publik dan swasta. Akuntan bertanggung jawab untuk memeriksa laporan keuangan untuk memastikan keakuratan dan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang ada, menangani tugas-tugas terkait pajak seperti menghitung untuk membuat akun berukuran umum, yang memungkinkan mereka untuk membandingkan dan membedakan jumlah dari besaran yang berbeda dengan cara yang sangat efisien. .
ANALISIS RASIO
·         analisis rasio merupakan sebuah analisis yang digunakan untuk mengukur kinerja bank, di mana proses ini dilakukan dengan menggunakan beberapa rasio sekaligus, seperti: rasio permodalan, rasio keuangan, rasio likuiditas, rasio rentabilitas dan yang lainnya.

·         Analisis rasio bisa diartikan sebagai perbandingan antara satu angka dengan yang lainnya dalam sebuah hubungan tertentu. Perbandingan seperti ini kerap dibutuhkan untuk banyak hal terkait keuangan perusahaan, sehingga sangat penting bagi pihak perusahaan untuk mengenal analisis rasio dan menerapkannya sesuai dengan kebutuhan.

·         Jika merujuk pada penjelasan Jonathan Golin, analisis rasio merupakan sebuah angka yang yang digambarkan pada sebuah pola tertentu dan dibandingkan dengan pola yang lainnya, di mana angka ini kemudian dibuat dalam bentuk persentase. Keuangan merupakan sesuatu yang berkaitan dengan akuntansi, contohnya: laporan keuangan, sistem pengelolaan keuangan.

·         Ada dua pihak yang berkepentingan untuk menggunakan analisis rasio keuangan, yakni pihak manajemen perusahaan dan juga investor. Di dalam prakteknya, investor akan memakai analisis ini untuk mengecek kelayakan kondisi perusahaan untuk melakukan investasi.

·         Sedangkan bagi pihak perusahaan, analisis rasio akan digunakan sebagai alat untuk menganalisa kinerja keuangan perusahaan dengan cara melakukan perbandingan pada setiap pos yang tertera dalam laporan keuangan, antara lain: laporan arus kas, laporan laba rugi dan juga laporan neraca.

Recent Posts

BAPPEBTI Ajukan Evaluasi Pajak Crypto

IBX-Jakarta. Sejak 1 Mei 2022, pemerintah resmi mengenakan pajak atas asset kripto dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 68/PMK.03/2022. Peraturan tersebut mengenai pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penghasilan (PPh) atas transaksi perdagangan aset kripto. Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Tirta Karma Senjaya, pajak kripto

Read More »