Intercounbix Indonesia

Shaping a sustainable future

Transfer Pricing | Accounting | Tax | Business Advisory

Dana Sebesar Rp34,34 Miliar yang Disiapkan DJP Untuk Core Tax Administration System

IBX-Jakarta. Pada tahun 2023 Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan telah menghasbiskan dana sebesar Rp34,34 miliar. Dana tersebut dikeluarkan dalam rangka untuk meningkatkan perkembangan pembaruan Sistem Inti Administrasi Perpajakan (SIAP) atau yang biasa disebut sebagai Core Tax Administration System.

Dana yang dikeluarkan sebesar Rp34,34 miliar dari anggaran yang ditetapkan sebesar Rp46,68 miliar ini terdiri dari pengeluaran sebesar Rp29,07 miliar untuk pembayaran kontrak konsultan Owner’s Agent – Project Management and Quality Assurance, pengeluaran sebesar Rp2,33 miliar untuk pembayaran kontrak vendor integrator sistem, dan pengeluaran sebesar Rp2,93 miliar untuk pembayaran kontrak konsultan Owner’s Agent – Change Management.

Core Tax Administration System telah dilakukan pengujian dari tahun 2023 yang dilanjutkan ke tahun 2024. Hal ini disebabkan pada saat pengujian masih banyak ditemukan defect atau fail. Pengujian yang dilakukan di tahun 2024 akan menggunakan dana dari sisa anggaran yang ditetapkan untuk Core Tax Administration System.

Core Tax Administration System tersendiri direncanakan akan mulai diterapkan pada Juli tahun 2024. Maka dari itu, DJP terus melakukan perbaikan sistem agar mencapai sistem yang se sempurna mungkin. Selain itu, DJP juga sedang melakukan pelatihan implementasi Core Tax Administration System kepada 40 ribu pegawai DJP.

Pada nantinya, Core Tax Administration System ini akan mengubah cara kerja DJP yang menyediakan berbagai layanan perpajakan, seperti pemberitahuan mengenai informasi perpajakan hingga layanan untuk konfirmasi status wajib pajak, permohonan surat keterangan bebas pajak, serta pengajuan pengurangan atau penghapusan sanksi.

Sumber: Ditjen Pajak Gelontorkan Dana Rp34,34 Miliar untuk Core Tax System

*Disclaimer*

Recent Posts

Kegunaan Memperhitungkan Depresiasi Pada Perhitungan Keuangan Serta Beban Pajak Yang Harus Di Ketahui Oleh Perusahaan

IBX-Jakarta. Depresiasi/Penyusutan merupakan hal yang penting yang harus di perhitungan dalam keuangan sebuah perusahaan. Tak hanya itu Depresiasi termasuk Non-cash expenses yang peting untuk di catat karena mereka mempengaruhi laba bersih perusahaan tanpa mempengaruhi arus kas jangka pendek. Macam Macam dari Non Cash Ekspense yang harus di ketahui Oleh karena

Read More »

Ratusan Ulama di Pangandaran Kompak Bayar Pajak!

IBX-Jakarta. Ratusan ulama dari 93 desa dan 10 kecamatan di Pangandaran berbondong-bondong mendatangi Kantor Samsat Pangandaran. Kehadiran mereka bertujuan untuk membayar pajak kendaraan bermotor secara serentak. Gerakan itu dilakukan ulama di Pangandaran dalam momen Tahun Baru Hijriah. Selain bersilaturahmi dengan pihak Samsat, mereka melakukan pembayaran serentak pajak kendaraan bermotor yang akan jatuh tempo pada 3 Agustus 2024 yang akan datang.

Read More »