Intercounbix Indonesia

Shaping a sustainable future

Transfer Pricing | Accounting | Tax | Business Advisory

Direktorat Bea dan Cukai Siapkan Kebijakan Cukai Minuman Berpemanis

IBX-Jakarta. Pengenaan cukai atas Minuman Berpemanis Dalam Kemasan (MBDK) telah lama dicanangkan. Hal tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan potensi dampak Kesehatan yang dapat terjadi.

Askolani selaku Direktur Jenderal Bea dan Cukai mengatakan saat ini Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) sedang berkoordinasi bersama Kementerian Kesehatan agar cukai atas MBDK dapat diterapkan pada tahun 2024 ini. DJBC juga berkoordinasi dengan Badan Kebijakan Fiskal (BKF) dan lembaga terkait dalam mempersiapkan dan meninjau regulasi cukai MBDK yang nantinya akan dibahas bersama Komisi XI DPR RI.

Penggolongan cukai MBDK di Indonesia dilakukan berdasarkan kadar gula atau pemanis yang terkandung sesuai dengan rekomendasi The American Hearth Association. Setidaknya terdapat 3 kategorisasi MBDK yang akan dikenakan cukai. Pertama, MBDK yang mengandung pemanis berupa gula dengan kadar lebih dari 6 gram per 100ml. Kedua, MBDK yang menganding pemanis alami dalam kadar berapapun. Ketiga MBDK yang mengandung pemanis buatan dalam kadar berapapun.

Daftar kategorisasi MBDK yang dikenakan cukai diatas masih dapat mengalami perubahan, menurut Ali Winoto selaku Kepala Seksi Potensi Cukai, Subdirektorat Potensi Cukai dan Kepatuhan Pengusaha Barang Kena Cukai, DJBC Batasan kadar gula dalam MBDK yang akan dikenakan cukai tergantung dari kesepakatan antara Kementerian Keuangan dengan Lembaga terkait.

Sumber : Cukai Minuman Berpemanis akan Berlaku di 2024, Kemenkeu Siapkan Regulasinya

Recent Posts

Kegunaan Memperhitungkan Depresiasi Pada Perhitungan Keuangan Serta Beban Pajak Yang Harus Di Ketahui Oleh Perusahaan

IBX-Jakarta. Depresiasi/Penyusutan merupakan hal yang penting yang harus di perhitungan dalam keuangan sebuah perusahaan. Tak hanya itu Depresiasi termasuk Non-cash expenses yang peting untuk di catat karena mereka mempengaruhi laba bersih perusahaan tanpa mempengaruhi arus kas jangka pendek. Macam Macam dari Non Cash Ekspense yang harus di ketahui Oleh karena

Read More »

Ratusan Ulama di Pangandaran Kompak Bayar Pajak!

IBX-Jakarta. Ratusan ulama dari 93 desa dan 10 kecamatan di Pangandaran berbondong-bondong mendatangi Kantor Samsat Pangandaran. Kehadiran mereka bertujuan untuk membayar pajak kendaraan bermotor secara serentak. Gerakan itu dilakukan ulama di Pangandaran dalam momen Tahun Baru Hijriah. Selain bersilaturahmi dengan pihak Samsat, mereka melakukan pembayaran serentak pajak kendaraan bermotor yang akan jatuh tempo pada 3 Agustus 2024 yang akan datang.

Read More »