Intercounbix Indonesia

Shaping a sustainable future

Transfer Pricing | Accounting | Tax | Business Advisory

Tipologi Pemimpin

Oleh: Affin Jaffar Umarovic

Kepemimpinan adalah sebuah proses sekaligus properti. proses untuk dapat mempengaruhi orang lain agar bisa mencapai tujuan yang dapat diinginkan. Untuk berhasilnya proses tersebut, kepemimpinan dapat membutuhkan properti yang dipahami sebagai kualifikasi karakteristik yang mesti dapat dimiliki seorang pemimpin. John Wrighy mengatakan “Pemimpin yang baik setidaknya mempunyai enam sifat yaitu, Character, Caring, Commitment, Confidence, Humble and Communication”.  Selain itu, survey terhadap 15.000 orang. “Urutan teratas empat sifat pemimpin idaman adalah jujurlah padaku (87%), berpikiran jauh ke depan (71%), inspiratif (68%). dan kompetensi tinggi (58%). Tipologi pemimpin yang populer adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan apa yang kukatakan” perintah Coercive Leadership keinginannya harus selalu dituruti.
  2. Mari Datanglah bersamaku” ajak authoritative leadership senang memobilisasi massa menuju visi
  3. “Yang datang pertama. dilayani lebih dulu” Authoritative leadership yang suka menciptakan ikatan emosi dan harmonisasi.
  4. “Bagaimana menurut pendapatmu” Kawanku?, Tanya democrative leadership yang kerapkali membangun kebersamaan dan partisipasi publik.
  5. Kerjakan seperti yang saya kerjakan, sekarang juga”. Paccesetting leaders yang terlalu mengharap kesempurnaan selalu memberikan arahan yang sebagaimana aksinya sendiri.
  6. “Coba ini” Tawar coaching leadership yang ingin mengemban anak buahnya untuk kebutuhan masa depan

Kepemimpinan itu salah satu bagian dari fungsi manajemen, Manajemen adalah suatu proses yang dapat merencanakan (Planning), mengorganisir (Organizing), memimpin (Leadership) dan mengevaluasi (Controlling) dalam suatu organisasi:

  • Inti dari administrai adalah manajemen
  • Inti dari manajemen adalah kepemimpinan (leadership)
  • Inti dari kepemimpinan adalah hubungan antar sesama (human relation)
  • Inti dari human relation adalah komunikasi yang efektif

*Disclaimer*

Recent Posts

Insentif Pajak IKN Pada PMK No.28/2024

IBX-Jakarta. Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.28/2024 mengenai Fasilitas Perpajakan dan Kepabeanan di Ibu Kota Nusantara telah resmi dirilis oleh Kementerian Keuangan. PMK No.28/2024 diresmikan guna melaksanakan PP No.12/2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha, dan Fasilitas Penanaman Modal bagi Pelaku Usaha di Ibu Kota Nusantara. Pada Pasal 2 PMK No.28/2024

Read More »

Penerapan Pillar 2, DJP Kaji Kembali Ketentuan Insentif

IBX-Jakarta. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melakukan evaluasi atas kebijakan insentif yang diberikan kepada pelaku usaha. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan insentif yang diberikan tepat sasaran dan sejalan dengan ketentuan pajak minimum global yaitu 15% yang tercantum dalam Pilar 2 Global Antu Base Erosion (GloBE). Menurut Suryo Utomo selaku Dirjen Pajak

Read More »