Intercounbix Indonesia

Shaping a sustainable future

Transfer Pricing | Accounting | Tax | Business Advisory

Memeriksa Saldo Akhir Dalam Akun Akumulasi Depresiasi

Pendebetan atas akun akumulasi depresiasi pada umumnya diuji sebagai bagian dari pengauditan atas pelepasan aset, sedangkan kreditnya diperiksa sebagai bagian dari beban depresiasi. Apabila auditor menelusur transaksi-transaksi tertentu ke catatan akumulasi depresiasi dalam master file property sebagai bagian dari pengujian ini, maka hanya tinggal sedikit yang membutuhkan pemeriksaan untuk saldo akhir akun akumulasi depresiasi.

Dua tujuan yang biasanya ditekankan dalam pengauditan atas saldo akhir dalam akumulasi depresiasi:

1. Akumulasi depresiasi sebagaimana tercantum dalam master file properti cocok dengan buku besar. Tujuan ini dapat dicapai dengan menguji kebenaran penjumlahan vertikal akumulasi depresiasi dalam master file properti dan menelusurya ke buku besar.

2. Akumulasi depresiasi dalam master file adalah akurat. Dalam hal tertentu, masa manfaat bisa berkurang secara signifikan karena terjadinya penurunan permintaan konsumen atas produk, penurunan fisik yang tak teduga, modifikasi dalam operasi, atau perubahan lainnya. Karena kemungkinan-kemungkinan tersebut, auditor harus mengevaluasi kecukupan cadangan untuk akumulasi depresiasi setiap tahun untuk memastikan bahwa nilai buku tidak lebih tinggi dari nilai bersih aset bisa direalisasi.

*Disclaimer*

Sumber: Jusup, Al. Haryono. Auditing Edisi II (Pengauditan Berbasis ISA)

Recent Posts

Kegunaan Memperhitungkan Depresiasi Pada Perhitungan Keuangan Serta Beban Pajak Yang Harus Di Ketahui Oleh Perusahaan

IBX-Jakarta. Depresiasi/Penyusutan merupakan hal yang penting yang harus di perhitungan dalam keuangan sebuah perusahaan. Tak hanya itu Depresiasi termasuk Non-cash expenses yang peting untuk di catat karena mereka mempengaruhi laba bersih perusahaan tanpa mempengaruhi arus kas jangka pendek. Macam Macam dari Non Cash Ekspense yang harus di ketahui Oleh karena

Read More »

Ratusan Ulama di Pangandaran Kompak Bayar Pajak!

IBX-Jakarta. Ratusan ulama dari 93 desa dan 10 kecamatan di Pangandaran berbondong-bondong mendatangi Kantor Samsat Pangandaran. Kehadiran mereka bertujuan untuk membayar pajak kendaraan bermotor secara serentak. Gerakan itu dilakukan ulama di Pangandaran dalam momen Tahun Baru Hijriah. Selain bersilaturahmi dengan pihak Samsat, mereka melakukan pembayaran serentak pajak kendaraan bermotor yang akan jatuh tempo pada 3 Agustus 2024 yang akan datang.

Read More »