Intercounbix Indonesia

Shaping a sustainable future

Transfer Pricing | Accounting | Tax | Business Advisory

Mendekati Deadline! 7,31 Juta Wajib Pajak Telah Melaporkan SPT Tahunan

IBX-Jakarta. Per 10 Maret 2024 Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan melaporkan bahwa sudah terdapat 7,31 juta Wajib Pajak (WP) telah menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan.

Dari angka 7,31 juta Wajib Pajak tersebut, terdapat peningkatan dari jumlah Wajib Pajak yang melaporkan SPT Tahunan dari periode yang sama tahun lalu, yaitu sebesar 2,97%. Hal ini disampaikan oleh Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarajat DJP Dwi Astuti.

7,31 juta Wajib Pajak yang telah melaporkan SPT Tahunan tersebut terdiri dari 412.000 SPT Tahunan Wajib Pajak Badan dan 6,9 juta SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi.

Adapun tenggat waktu dari pelaporan pajak berdasarkan Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, yaitu 31 Maret 2024 untuk Waib Pajak Orang Pribadi dan 30 April 2024 untuk Wajib Pajak Orang Badan. Maka dari itu, DJP terus menghimbau kepada Wajib Pajak bagi yang belum melaporkan SPT Tahunannya untuk segera melaporkannya.

DJP juga melakukan langkah untuk mengingatkan dengan mengirimkan email blast kepada 25 juta Wajib Pajak yang mengingatkan bahwa masa pelaporan Wajib Pajak akan berakhir.

Dalam melaporkan SPT Tahunan, Wajib Pajak juga dihimbau untuk melakukan integrasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Serta, untuk memudahkan Wajib Pajak dalam melaporkan SPT Tahunannya, Wajib Pajak harus menyiapkan NPWP yang telah diintegrasi menjadi NIK, bukti potong, dan EFIN.

Maka dari itu, Wajib Pajak diharapkan untuk segera melaporkan SPT Tahunannya sebelum tenggat waktunya. Hal ini disebabkan jika Wajib Pajak telat dalam melaporkan SPT Tahunannya, maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Sumber: Deadline 31 Maret 2024, 7,31 Juta Wajib Pajak Sudah Lapor SPT Tahunan

*Disclaimer*

Recent Posts

PPN PMSE Atas Pembelian Digital di Game Online

Jakarta-IBX. Game online merupakan salah satu kegemaran remaja bahkan orang dewasa di Indonesia. Game online yang ramai dimainkan oleh masyarakat Indonesia sangatlah beragam, mulai dari yg dimainkan di smartphone dan komputer. Game online yang ramai di Indonesia antara lain Mobile Legends, Dota2, Valorant, Counter Strike, dan masih banyak yang lainnya.

Read More »

Mengenal Lebih Dalam Terkait Barang Lartas

IBX-Jakarta. Dalam ketentuan terkait Bea dan Cukai di Indonesia terdapat sebuah istilah yang disebut sebagai Barang Lartas (barang pelarangan dan pembatasan). Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan 161/PMK.04/2007 jo PMK 141/PMK.04/2020 tentang Pengawasan Terhadap Impor atau Ekspor Barang Larangan dan/atau Pembatasan, menjelaskan bahwa barang lartas adalah barang yang dilarang dan/atau dibatasi pemasukannya

Read More »