Intercounbix Indonesia

Shaping a sustainable future

Transfer Pricing | Accounting | Tax | Business Advisory

Negara dengan Tarif Pajak Selangit, Tetapi Sekolah – Kuliah Gratis? Berikut Penjelasan Sri Mulyani

IBX-Jakarta. Baru-baru ini Sri Mulyani sempat bercerita mengenai sistem pendidikan di negara Nordik. Menariknya pendidikan di negara Nordik dibebaskan dari biaya atau gratis. Tidak tanggung tanggung, pendidikan gratis tersebut tidak hanya berlaku pada jenjang sekolah saja, melainkan hingga perguruan tinggi. Mengapa bisa demikian?

Melansir dari finance.detik.com (30/05/2024), Sri Mulyani mengatakan pajak yang diterapkan di negara-negara Nordik bisa mencapai 70%. Artinya sistem pendidikan yang gratis tersebut bisa terjadi karena negara negara di Kawasan Utara Eropa tersebut menerapkan pajak yang tinggi. Sri Mulyani menambahkan bahwa menurutnya di dunia ini tidak ada yang benar-benar gratis karena pastinya ada yang perlu dibayar lebih mahal.

Menurutnya, jika ingin jaring pengaman sosial berupa pendidikan gratis sampai perguruan tinggi seperti yang diterapkan pada negara-negara nordik, Masyarakat harus siap dengan konsekuensinya yaitu beban pajak yang lebih besar.

Sri Mulyani menambahkan  dalam seminar Nasional Jesuit Indonesia (30/5/2024), “Orang anggap itu semuanya gratis, nggak ada yang bayar. Di dunia ini nggak ada yang gratis, pasti ada yang bayar. Dalam hal ini, if you want to create social safety net seperti di Nordic Country, then you have to prepare for a very bih high income tax.”

Berdasarkan pandangannya, kualitas sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu risiko terbesar bagi Indonesia. Hal ini justru akan menciptakan beban bagi negara apabila kualitas SDM tidak ditingatkan.

Sumber: Sri Mulyani Cerita Negara Kasih Sekolah-Kuliah Gratis, tapi Pajaknya Selangit!

Recent Posts

Mengenal Lebih Dalam Terkait Barang Lartas

IBX-Jakarta. Dalam ketentuan terkait Bea dan Cukai di Indonesia terdapat sebuah istilah yang disebut sebagai Barang Lartas (barang pelarangan dan pembatasan). Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan 161/PMK.04/2007 jo PMK 141/PMK.04/2020 tentang Pengawasan Terhadap Impor atau Ekspor Barang Larangan dan/atau Pembatasan, menjelaskan bahwa barang lartas adalah barang yang dilarang dan/atau dibatasi pemasukannya

Read More »

Perusahaan Harus Memberikan Perlindungan Bagi Karyawan!

IBX-Jakarta. Sama seperti halnya konsumen, kedudukan pekerja (karyawan) pada umumnya juga lemah di mata perusahaan. Pengalaman menunjukkan hal ini. Oleh karena itu, perlindungan tenaga kerja sudah memperoleh perhatian dunia sejak lama. Asas yang seharusya dipakai dalam hubungan ketenagakerjaan adalah asas manfaat, keadilan, kewajaran, integritas, dan iktikad baik. Asas manfaat dapat juga dinterpretasikan sebagai sesuatu yang saling menguntungkan dalam hubungan ketenagakerjaan.

Read More »