Intercounbix Indonesia

Shaping a sustainable future

Sifat dan pentingnya saluran pemasaran

 

Oleh: Affin Jaffar umarovic

Sifat dan pentingnya saluran pemasaran

 

 

Saluran pemasaran(saluran distribusi):seperangkat organisasi yang saling bergantung yang membantu produk atau layanan tersedia untuk digunakan atau dikonsumsi oleh konsumn atau pengguna bisnis.

Beberapa produsen menjual barang mereka langsung ke pengguna akhir, sebaliknya Sebagian besar menggunakan perantara untuk membawa produk mereka ke pasar. Mereka mencoba membentuk  saluran pemasaran( atau saluran distribusi) satu set organisasi yang saling bergantung yang membantu membuat produk atau layanan yang tersedia untuk digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis.

 

Keputusan saluran perusahaan secara langsung mempengarui setiap keputusan pemasaran lainnya, harga tergantung pada apakah perusahaan bekerja dengan rantai diskon nasional menggunakan toko khusus berkualitas tinggi, atau menjual langsung ke konsumen secara online tenaga penjualan dan keputusan komunikasi perusahaan bergantung pada seberapa banyak persuasi, pelatihan, motivasi, dan dukungan yang dibutuhkan mitra salurannnya. Apakah perusahaan mengembangkan atau memperoleh produk baru tertentu mungkin bergantung pada seberapa baik produk tersebut sesuai dengan kemampuan anggota salurannya.

 

Perusahaan sering kurang memperhatikan saluran distribusi mereka terkadang dengan hasil yang merusak, sebaliknya banyak perusahaan telah menggunakan sistem distribusi imajinatif untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.

Bagaimana distributor mengurangi jumlah transaksi channel

Dari sudut pandang sistem ekonomi, peran perantara pemasaran adalah mengubah bermacam-macam produk yang dibuat oleh produsen menjadi bermacam-macam yang diinginkan oleh konsumen. Produsen membuat ragam produk yang sempti dalam jumlah besar, tetapi konumen menginginkan ragam produk yang luas dalam jumlah kecil, Anggota saluran pemasaran yang membeli dalam jumlah besar dari banyak produsen dan memecahnya menjadi jumlah yang lebih kecil dan pilihan yang lebih luas yang diinginkan oleh konsuemen.

Dalam membuat produk dan jasa tersedia bagi konsumen anggota saluran menambah nilai dengan menjembatani kesenjangan waktu, tempat, dan kepemilikan utama yang memisahkan barang dan jasa dari mereka yang menggunakannya anggota saluran pemasaran melakukan banyak fungsi utama. Beberapa bantuan untuk menyelesaikan transaksi:

  • Informasi, mengumpulkan dan mendistribusikan informasi tentang konsumen produsen, dan pelaku serta kekuatan lain dalam lingkungan pemasaran yang diperlukan untuk merencanakan dan membantu pertukaran
  • Promosi, mengembangkan dan menyebarkan komunikasi persuasive tentang suatu penawaran
  • Kontak, menentukan dan melibatkan pelanggan dan calon pembeli

Kehilangan terlalu banyak pangsa ke pasar ke pesaing lain dengan harga yang lebih  rendah, namun pemotongan harga akan mengurangi keuntungan perusahaan dalam jangka pendek, beberapa perusahaan mungkin juga mengurangi kualitas produk, layanan dan komunikasi pemasaran mereka untuk mempertahankan margin keuntunganm tetapi ini pada akhirnya akan merusak pangsa pasar jangka Panjang, perusahaan harus berusaha mempertahankan kualitasnya dengan memangkas harga