Intercounbix Indonesia

Shaping a sustainable future

Transfer Pricing | Accounting | Tax | Business Advisory

Apakah Emas Salah Satu Investasi Terbaik Pasca Pandemi Covid-19?

Oleh: Affin Jaffar Umarovic

Emas adalah salah satu sumber daya mineral yang dikeluarkan oleh bumi dan memiliki unsur nilai bagi kehidupan manusia. Pengertian Emas menurut berbagai sumber dan menurut para ahli:

Henny Mariani (2010), Emas adalah standar keuangan yang ditentukan oleh berbagai negara dan juga sebagai alat tukar yang relatif abadi, dan diterima di semua negara di dunia. Penggunaan emas di ukur dengan satuan berat gram sampai kilogram. Emas adalah suatu logam mulia yang sangat berharga dan sebagai salah satu alternatif jika mata uang melemah. Emas juga setiap tahun memiliki kenaikan nilai dan harga setiap tahunnya.

Setelah pandemi Covid-19 yang pernah melanda dan menyerbu umat manusia di kehidupan yang ada di bumi ini, Emas merupakan salah satu nilai investasi yang terbaik dan salah satu alternatif jika nilai mata uang suatu negara melemah dan tidak adanya suatu transaksi dan pelaku ekonomi pada negara tersebut. Emas adalah pilihan terbaik setelah logam mulia lainnya seperti permata atau berlian. Emas adalah pilihan terbaik dan terbagus bagi pengusaha yang ingin memulai bisnis dan mendirikan toko emas dari berbagai lokasi.

Jenis lain dari emas adalah Emas Digital merupakan aset emas yang dapat  diperjualbelikan dan disimpan secara digital. Dengan demikian, investor atau pembisnis  tidak perlu membeli dan menyimpan barang, sebagaimana investasi dalam bentuk perhiasan emas maupun batangan. Saat ini sudah banyak platform yang bisa digunakan untuk investasi dan membeliemas.

Para konglomerat dan pengusaha tajir yang memiliki omset lebih dari 1 (satu) triliun simpanan uang bukan menjadi  menjadi alternatif bentuk simpanan harta kekayaan mereka.  Salah satu alternatif dan pilihan yang tepat para konglomerat tersebut memilih menyimpan harta kekayaan dalam bentuk emas. Dengan demikian para konglomerat tidak perlu khawatir jika suatu saat negara mengalami resesi dan melemahnya nilai mata uang negara tersebut. Sebaliknya orang awam dan orang diluar pebisnis lebih menekankan uang sebagai simpanan dan tabungan pada rekening mereka untuk mempertahankan investasi jangka panjangnya.

***Discaimer***

Recent Posts

Informasi Yang Perlu WP Ketahui Tentang Pemadanan NIK dengan NPWP

IBX-Jakarta. Terdapat pengenaan tarif pajak yang lebih tinggi kepada wajib pajak yang belum melakukan pemadanan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Hal tersebut mengacu pada Pengumuman Nomor PENG-6/PJ.09/2024 tentang penggunaan Nomor Pokok Wajib Pajak pada Sistem Administrasi Perpajakan. Dwi Astuti, selaku Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan

Read More »