Intercounbix Indonesia

Shaping a sustainable future

Transfer Pricing | Accounting | Tax | Business Advisory

Manajemen Sumber Daya Manusia – Sekilas

Oleh: Affin Jaffar Umarovic

Pengertian sumber daya manusia dan penerapannya sering kali masih belum sejalan dengan keinginan suatu organisasi. Sementara keselerasan dalam mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi faktor utama kesuksesan jalannya seluruh organisasi. Lantas, sumber daya yang bagaimanakah yang perlu dikembangkan agar tujuan organisasi dapat tercapai dengan baik? Sebelum melangkah membahas lebih lanjut, ada baiknya kita kembali ke pengertian awal untuk  memahami hal ini. Apa yang dimaksud dengan sumber daya manusia? Mari kita bahas menurut pendapat para ahli:

1. Mary Parker Follet: Manajemen sumber daya manusia adalah suatu seni untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang untuk melaksanakan berbagai pekerjaan yang diperlukan, atau dengan kata lain tidak melakukan pekerjaan itu sendiri. Pengertian ini, yang dikemukakan oleh Mary Parker Follet mengandung arti bahwa para manajer mencapai tujuan-tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain untuk melaksanakan berbagai pekerjaan yang diperlakukan, atau dengan kata lain dengan tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.

2. Menurut Bintoro dan Daryanto (2017) menyatakan bahwa” Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah ilmu atau cara bagaimana dapat mengatur hubungan dan peranan sumber daya tenaga (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisiensi dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga dapat terencana untuk suatu tujuan bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal.

3. Menurut Herman Sofyandi (2013) menyatakan bahwa “Manajemen SDM dapat didefinisikan sebagai suatu strategi dalam menerapkan fungsi-fungsi manajemen yaitu planning, organizing, leading dan controlling, di dalam semua aktivitas dan fungsi operasional SDM mulai dari proses penarikan, seleksi, pelatihan, dan pengembangan, penempatan yang meliputi promosi, demosi, dan transfer, penilaian kinerja, pemberian kompensasi terhadap karyawan, hubungan industrial, hingga pemutusan hubungan kerja (PHK) yang ditujukan bagi peningkatan kontribusi produktif dari SDM organisasi terhadap pencapaian tujuan dari organisasi secara lebih efektif dan efisien”

Berdasarkan pendapat menurut para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa manajemen sumber daya manusia adalah suatu ilmu dalam mengatur dan merencanakan serta memproses hubungan dan peranan seorang individu atau karyawan dalam melaksanakan tanggung jawab terhadap perusahaan dengan efektif dan efisien dalam mencapai suatu tujuan yang dapat diinginkan oleh perusahaan.

Recent Posts

Insentif Pajak IKN Pada PMK No.28/2024

IBX-Jakarta. Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.28/2024 mengenai Fasilitas Perpajakan dan Kepabeanan di Ibu Kota Nusantara telah resmi dirilis oleh Kementerian Keuangan. PMK No.28/2024 diresmikan guna melaksanakan PP No.12/2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha, dan Fasilitas Penanaman Modal bagi Pelaku Usaha di Ibu Kota Nusantara. Pada Pasal 2 PMK No.28/2024

Read More »

Penerapan Pillar 2, DJP Kaji Kembali Ketentuan Insentif

IBX-Jakarta. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melakukan evaluasi atas kebijakan insentif yang diberikan kepada pelaku usaha. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan insentif yang diberikan tepat sasaran dan sejalan dengan ketentuan pajak minimum global yaitu 15% yang tercantum dalam Pilar 2 Global Antu Base Erosion (GloBE). Menurut Suryo Utomo selaku Dirjen Pajak

Read More »