Intercounbix Indonesia

Shaping a sustainable future

Transfer Pricing | Accounting | Tax | Business Advisory

Hati-Hati Pemilik Usaha Yang Menunggak Pajak Akan Ditindak Tegas

IBX-Jakarta. Disalah satu Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh akan menindak tegas para pemilik usaha yang menunggak wajib pajak . Tindakan itu diambil sebagai upaya penyelesaian tunggakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dilaksanakan sejak akhir tahun lalu.
“Upaya persuasif telah kita lakukan. Kita sudah mengirimkan surat teguran kepada wajib pajak yang menunggak. Lalu mereka juga sudah dipanggil oleh PPNS, Satpol PP selaku penegak perda dan Kejaksaan Negeri. Namun hingga saat ini masih ada yang menghindari kewajibannya dengan tidak mengindahkan pemanggilan tersebut,” kata Kepala BPKK Banda Aceh M Iqbal Rokan kepada wartawan, Kamis (10/8/2023).

Menurutnya, sebelum tindakan tegas diambil pihaknya telah membentuk tim penyelesaian hingga pemanggilan wajib pajak oleh Kejaksaan Negeri Banda Aceh selaku Jaksa Pengacara Negara (JPN). Selain itu, Pemkot juga memberikan keringanan bagi penunggak pajak untuk membayar secara bertahap.

“Tidak menutup kemungkinan upaya ini juga akan merambah ke ranah hukum pidana jika di kemudian hari ditemukan indikasi pelanggaran ketentuan pidana pajak seperti penggelapan atau rekayasa pelaporan,” ujarnya.

“Sebab pada prinsipnya, pajak daerah bersifat memaksa yang menjadi dasar adanya law enforcement dalam ketentuan perpajakan. Sehingga wajib pajak yang tidak memenuhi ketentuan perundang-undangan perpajakan dapat dikenai sanksi administratif bahkan pidana,” lanjut Iqbal.

Sumber:https://www.detik.com/sumut/bisnis/d-6868839/pemilik-usaha-nunggak-pajak-di-banda-aceh-akan-ditindak-tegas

*Disclaimer*

Recent Posts

PPN PMSE Atas Pembelian Digital di Game Online

Jakarta-IBX. Game online merupakan salah satu kegemaran remaja bahkan orang dewasa di Indonesia. Game online yang ramai dimainkan oleh masyarakat Indonesia sangatlah beragam, mulai dari yg dimainkan di smartphone dan komputer. Game online yang ramai di Indonesia antara lain Mobile Legends, Dota2, Valorant, Counter Strike, dan masih banyak yang lainnya.

Read More »

Mengenal Lebih Dalam Terkait Barang Lartas

IBX-Jakarta. Dalam ketentuan terkait Bea dan Cukai di Indonesia terdapat sebuah istilah yang disebut sebagai Barang Lartas (barang pelarangan dan pembatasan). Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan 161/PMK.04/2007 jo PMK 141/PMK.04/2020 tentang Pengawasan Terhadap Impor atau Ekspor Barang Larangan dan/atau Pembatasan, menjelaskan bahwa barang lartas adalah barang yang dilarang dan/atau dibatasi pemasukannya

Read More »