Intercounbix Indonesia

Shaping a sustainable future

Transfer Pricing | Accounting | Tax | Business Advisory

Istilah-istilah dalam Bisnis

Oleh : Affin Jaffar Umarovic

  1. Brand

Brand sering dipahami oleh pengusaha sebelum mengeluarkan produk ke pasaran. Brand sangat penting bagi pengusaha untuk mengetahui identitas bisnis atau perusahaan yang mencakup nama, merek, symbol, desain, kata, atau kombinasi dari seluruh elemen bisnis tersebut. Jika nama brand tidak mendapat nilai (value) tersendiri maka perusahaan akan memiliki sedikit klien untuk membeli produk (jasa) tersebut.

  1. Branding

Branding merupakan strategi perusahaan dalam mengenalkan brand kepada konsumen, sehingga lebih dapat mudah diingat dan bisa menjadikannya berbeda dari pesaing. Dengan branding yang kuat maka perusahaan atau merek bisnis yang mau kita jalankan terkesan kuat di mata konsumennya

  1. Brand Awareness

Brand Awareness atau citra merek adalah istilah dalam bisnis yang merujuk pada kemampuan konsumen untuk mengenali brand. Untuk menciptakan brand awareness yang baik maka perusahaan perlu menerapkan strategi marketing yang tepat. Jadi konsumen dapat mengenali sebuah brand dengan baik meski hanya melihat nama, logo, atau warnanya.

  1. Stakeholder

Stakeholder merupakan sekumpulan individu maupun kelompok yang dipengaruhi oleh kebijakan, operasi, dan tujuan dari perusahaan tersebut. Dalam hal ini mencakup setiap orang yang memegang kepentingan, seperti karyawan, kreditur, shareholder (pemegang saham maupun investor).

  1. Shareholder

Shareholder merupakan istilah umum bagi individu maupun kelompok yang ingin mendapatkan keuntungan ari perusahaan. Perusahaan dapat berkembang  jika salah individu maupun kelompok dapat menanam modal pada perusahaan tersebut. Konsekuensi bagi perusahaan adalah membagikan dividen kepada pemegag saham yang sudah menanam saham pada perusahaan tersebut.

  1. Profit

Dalam dunia bisnis ada istilah yang bernama profit (keuntungan) yang berarti pendapatan yang diperoleh bisnis. Istilah profit merujuk pada pendapatan usaha setelah dikurangi dengan biaya operasional.

  1. Net

Net merupakan jenis profit atau pendapatan usaha yang telah dikurangi oleh biaya yang berhubungan tidak langsung dengan kegiatan produksi.

  1. Revenue

Revenue merujuk pada istilah lain dari pendapatan yang diperoleh perusahaan untuk jangka waktu tertentu. Revenue dihasilkan dari operasi dan aktivitas bisnis. Salah satu cara untuk menghitung pendapatan adalah dengan mengalikan harga suatu barang dengan jumlah unit yang terjual.

  1. Cashflow

Cashflow merupakan salah satu komponen dalam laporan keuangan, Isinya terdiri dari penerimaan dam pengeluaran kas perusahaan dalam periode tertentu. Cashflow dikenal sebagai laporan arus kas dan merupakan salah satu komponen penting dalam perusahaan.

  1. B2B

B2B merupakan business to business yaitu transaksi antara bisnis satu dengan bisnis lainnya tanpa interaksi bersama pelanggan.

  1. B2C

B2C adalah singkatan dari bussines to customer merupakan bisnis yang dilakukan melalui pemberian layanan atau penjualan kepada pelanggan.

  1. B2E

B2E merupakan istilah dari business to employee, yaitu interaksi perusahaan dengan karyawan sehingga operasional perusahaan berjalan dengan baik.

  1. Monetize

Monetize dalam dunia bisnis artinya menghasilkan uang dari penjualan produk atau suatu aktivitas.

  1. Insentif

Insentif merupakan bonus atau kompensasi yang diberikan manajemen perusahaan kepada karyawannya biasanya diluar upah atau gaji yang diberikan. Insentif diberikan sebagai bentuk apresiasi perusahaan terhadap kinerja karyawannya.

  1. Jaminan

Jaminan mengacu pada aset yang ditawarkan oleh peminjam, sehingga mereka bisa memperoleh pinjaman.

  1. Anggaran dasar

Anggaran dasar adalah dokumen sah di mata hukum yang berisi visi,  misi dan peraturan suatu perusahaan, Dengan dokumen ini setiap bisnis memiliki prinsip-prinsip yang jelas.

  1. Modal

Modal seringkali mengacu pada uang tetapi juga dapat merujuk pada segala sesuatu yang dimiliki dan digunakan untuk menunjang fungsi bisnis atau mendirikan perusahaan.

18. Utang Usaha

Utang usaha merupakan catatan uang yang  dipinjam dari bank atau orang lain untuk membeli produk atau jasa.

  1. Piutang usaha

Piutang usaha merupakan catatan hutang orang lain pada perusahaan.

  1. Marketing

Marketing berarti pemasaran yang meliputi segala tindakan atau usaha perusahaan dalam memasarkan produk atau jasa mereka.

  1. Market Research

Market Research artinya riset pasar mengacu pada aktivitas mengumupulkan informasi tentang kebutuhan dan preferensi pelanggan, sehingga dapat menyediakan produk atau jasa yang tepat.

  1. Market penetration

Market penetration merupakan penetrasi pasar maksudnya sebuah strategi mengembangkan pasar dan produk yang telah ada.

  1. Aset

Aset adalah sumber kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan, tak hanya berupa uang, aset juga bisa meliputi bangunan, tanah, kendaraan dll. Di sisi lain dalam dunia akuntansi aset dibagi menjadi dua yaitu aset tetap dan aset tidak tetap.

  1. Laporan Laba Rugi

Dalam dunia bisnis istilah laporan laba rugi merujuk kepada kinerja bisnis selama suatu periode seperti kuartal atau tahunan. Laporan laba rugi menunjukkan keuntungan atau kerugian perusahaan dalam periode tertentu.

  1. Kapitalis ventura

Kapitalis ventura dimana investor menyediakan modal untuk bisnis yang biasanya dilakukan pada bisnis startup atau bisnis kecil yang ingin berkembang.

  1. Investor malaikat

Ada juga yang disebut dengan investor malaikat. Investor malaikat adalah investor individu yang memberikan modal kepada perusahaan. Modal yang diberikan kepada perusahaan merupakan pertukaran ekuitas kepemilikan atau utang konversi.

(Disclaimer)

Recent Posts

Memahami Pengertian dan Tujuan Koreksi

IBX-Jakarta. Wajib Pajak (WP) Badan diharuskan melaksanakan kewajiban perpajakannya sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku, termasuk penyampaian laporan keuangan sesuai dengan Peraturan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK).

Read More »

Liabilitas Jangka Pendek

IBX-Jakarta. Utang merupakan kewajiban untuk membayar yang dicatat sebagai liabilitas (liability) oleh debitur. Liabilitas jangka panjang adalah utang dengan periode jatuh tempo lebih dari satu tahun

Read More »