Intercounbix Indonesia

Shaping a sustainable future

Transfer Pricing | Accounting | Tax | Business Advisory

Jangan Risau! Berikut Cara Ajukan Permohonan Lupa EFIN Lewat E-mail

IBX-Jakarta. Mulai tanggal 5 Februari 2024 Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menginformasikan kepada Wajib Pajak yang lupa Electronic Filling Identification Number (EFIN)-nya bisa mengajukan permohonan via email.

Hal ini sesuai dengan informasi yang disebarkan melalui media sosial Instagram resmi @ditjenpajakri pada (2/2/2024) yang memuat informasi sebagai berikut.

“Terhitung mulai 5 Februari 2024, Kring Pajak yang merupakan layanan call center DJP tidak lagi menerima permohonan layanan atas lupa EFIN via X atau Twitter @kring_pajak. Namun, Wajib Pajak Orang Pribadi yang lupa EFIN dapat mengajukan permohonan lupa EFIN melalui email, lupa.efin@pajak.go.id”

DJP juga membuat format khusus untuk Wajib Pajak Orang Pribadi yang ingin mengirim email lupa EFIN, yaitu sebagai berikut:

  1. Kirim email ke alamat email lupa.efin@pajak.go.id dengan subjek ‘LUPA EFIN’
  2. Wajib mencantumkan lampiran nomor NPWP, nama Wajib Pajak, alamat terdaftar, alamat email aktif Wajib Pajak, dan nomor telepon yang terdaftar
  3. Wajib pajak menulis afirmasi di isi email dengan kalimat sebagai berikut:
    “Saya menyatakan bahwa saya adalah wajib pajak yang memiliki hak untuk mengakses informasi yang diminta. Saya bersedia menanggung akibat hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku, apabila di kemudian hari saya terbukti bukan pihak yang memiliki hak.”

EFIN tersendiri merupakan nomor identitas yang terdiri dari 10 digit dan diterbitkan kepada Wajib Pajak untuk melakukan transaksi elektronik. Atau dengan kata lain, EFIN berperan sangat penting dalam pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi.

Selain itu, Wajib Pajak yang mengalami lupa EFIN juga bisa memanfaatkan aplikasi M-Pajak untuk mengurus EFIN yang lupa. Perlu diketahui pula bahwa M-Pajak merupakan sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh DJP sebagai bentuk dari keseriusan DJP untuk menghadapi transformasi berbagai layanan yang saat ini serba elektronik.

Sumber: Lupa EFIN? Ajukan Permohonan Lewat “email” Mulai 5 Februari (pajak.com)

*Disclaimer*

Recent Posts

Kegunaan Memperhitungkan Depresiasi Pada Perhitungan Keuangan Serta Beban Pajak Yang Harus Di Ketahui Oleh Perusahaan

IBX-Jakarta. Depresiasi/Penyusutan merupakan hal yang penting yang harus di perhitungan dalam keuangan sebuah perusahaan. Tak hanya itu Depresiasi termasuk Non-cash expenses yang peting untuk di catat karena mereka mempengaruhi laba bersih perusahaan tanpa mempengaruhi arus kas jangka pendek. Macam Macam dari Non Cash Ekspense yang harus di ketahui Oleh karena

Read More »

Ratusan Ulama di Pangandaran Kompak Bayar Pajak!

IBX-Jakarta. Ratusan ulama dari 93 desa dan 10 kecamatan di Pangandaran berbondong-bondong mendatangi Kantor Samsat Pangandaran. Kehadiran mereka bertujuan untuk membayar pajak kendaraan bermotor secara serentak. Gerakan itu dilakukan ulama di Pangandaran dalam momen Tahun Baru Hijriah. Selain bersilaturahmi dengan pihak Samsat, mereka melakukan pembayaran serentak pajak kendaraan bermotor yang akan jatuh tempo pada 3 Agustus 2024 yang akan datang.

Read More »