Intercounbix Indonesia

Shaping a sustainable future

Transfer Pricing | Accounting | Tax | Business Advisory

Menhub Minta Hapus Pajak Suku Cadang Pesawat

IBX-Jakarta. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan berbicara dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk memperjuangkan adanya penghapusan pajak suku cadang yang didatangkan dari luar negeri. Menhub mengatakan bahwa dengan dihapusnya pajak terhadap suku cadang pesawat maka biaya operasional maskapai akan semakin berkurang.

“Ini yang kita minta (Penghalusan pajak suku cadang). Saya akan sowan ke Bu Menkeu untuk menyampaikan bahwa pajak dari suku cadang itu dampaknya besar banget,” katanya dalam acara INACA Festival 2023 di Park Hyatt, Jakarta, Kamis (2/11/2023).

Menhub mengatakan bahwa penghapusan pajak tersebut juga dilakukan guna mendukung Maintenance, Repair, and overhaul (MRO) dalam negeri.

“Kan kasian GMF segala macem dan sayang juga kesempatan itu bisa kita lakukan dan itu menjadi kompetitifnes kita untuk MRO berkurang. Kita bayangkan yang namanya MRO bukan untuk Indonesia saja. Tapi kalo masuk ke sini suku cadangnya kena pajak dan itu lah yang terjadi,” katanya.

Pasalnya kata Menhub, tantangan yang dihadapi industri penerbangan saat ini adalah jumlah pesawat yang terbatas, suku cadang terbatas hingga harga avtur yang masih mahal.

“Kita juga tahu bahwa USD, avtur, suku cadang, merupakan suatu hambatan-hambatan,” katanya.

Sumber: https://economy.okezone.com/read/2023/11/02/320/2913170/minta-hapus-pajak-suku-cadang-pesawat-menhub-bakal-temui-sri-mulyani?page=2

*Disclaimer*

Recent Posts

Memahami Pengertian dan Tujuan Koreksi

IBX-Jakarta. Wajib Pajak (WP) Badan diharuskan melaksanakan kewajiban perpajakannya sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku, termasuk penyampaian laporan keuangan sesuai dengan Peraturan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK).

Read More »

Liabilitas Jangka Pendek

IBX-Jakarta. Utang merupakan kewajiban untuk membayar yang dicatat sebagai liabilitas (liability) oleh debitur. Liabilitas jangka panjang adalah utang dengan periode jatuh tempo lebih dari satu tahun

Read More »