Intercounbix Indonesia

Shaping a sustainable future

Transfer Pricing | Accounting | Tax | Business Advisory

Pasar kelembagaan dan pemerintah

Oleh affin jaffar umarovic

Pasar kelembagaan dan pemerintah

Pengertian Lembaga adalah institusi atau pranata yang di dalamnya terdapat seperangkat hubungan norma-norma, nilai-nilai, dan keyakinan-keyakinan yang nyata dan berpusat kepada berbagai kebutuhan sosial serta serangkaian tindakan yang penting dan berulang.

Penggunaan istilah lembaga atau institusi cukup sering kita dengar sehari-hari di masyarakat dan sering dikaitkan dengan organisasi, sosial, masyarakat, formal, dan informal.

Untuk memahami lebih dalam tentang arti lembaga, kita dapat melihat berbagai pendapat para ahli tentang konsep dan definisi lembaga. Berikut ini adalah pengertian lembaga menurut para ahli:

  1. Macmillan

Menurut Macmillan pengertian lembaga adalah seperangkat hubungan norma-norma, keyakinan-keyakinan, dan nilai-nilai nyata, yang terpusat pada kebutuhan sosial dan serangkaian tindakan yang penting dan berulang.

  1. Hendropuspito

Menurut Hendropuspito pengertian lembaga adalah bentuk lain organisasi yang tersusun secara tetap dari pola-pola kelakuan, peranan-peranan dan relasi sebagai cara yang mengikat guna tercapainya kebutuhan-kebutuhan sosial dasar.

  1. Adelman dan Thomas

Menurut Adelman dan Thomas arti lembaga adalah suatu bentuk interaksi di antara manusia yang mencakup sekurang-kurangnya tiga tingkatan.

  • Tingkat pertama; tingkatan nilai kultural yang menjadi acuan bagi institusi yang lebih rendah tingkatannya.
  • Tingkat kedua; mencakup hukum dan peraturan yang mengkhususkan pada apa yang disebut aturan main (the rules of the game).
  • Tingkat ketiga; mencakup peraturan yang bersifat kontraktual yang digunakan dalam proses transaksi.
  1. Kartodiharjo et al

Menurut Kartodiharjo pengertian lembaga adalah instrument yang mengatur hubungan antar individu. Lembaga juga berarti seperangkat ketentuan yang mengatur masyarakat yang telah mendefinisikan bentuk aktifitas yang dapat dilakukan oleh pihak tertentu terhadap pihak lainnya, hak istimewa yang telah diberikan serta tanggungjawab yang harus dilakukan.

  1. Schmidt

Menurut Schmidt pengertian lembaga atau institusi adalah sekumpulan orang yang memiliki hubungan yang teratur dengan memberikan definisi pada hak, kewajiban, kepentingan, dan tanggungjawab bersama.

  1. Hayami dan kikuchi

Menurut Hayami dan Kikuchi pengertian lembaga dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Lembaga adalah sekumpulan aturan mengenai tata hubungan manusia dengan lingkungannya yang menyangkut hak-hak, perlindungan hak-hak, dan tanggung jawab
  • Lembaga adalah suatu organisasi yang memiliki heirarki, yaitu adanya mekanisme administrative dan kewenangan

 

Unsur-Unsur Kelembagaan

Mengacu pada beberapa definisi lembaga yang disebutkan di atas, berikut ini adalah beberapa unsur-unsur kelembagaan atau institusi:

  1. Lembaga atau Institusi merupakan landasan untuk membangun tingkah laku sosial masyarakat
  2. Norma tingkah laku yang mengakar dalam masyarakat dan diterima secara luas untuk melayani tujuan bersama yang mengandung nilai tertentu dan menghasilkan interaksi antar manusia yang terstruktur
  3. Peraturan dan penegakan aturan/ hukum
  4. Aturan dalam masyarakat yang memfasilitasi koordinasi dan kerjasama dengan dukungan tingkah laku, hak dan kewajiban anggota
  5. Kode etik
  6. Kontrak
  7. Pasar
  8. Hak milik (property rights)
  9. Organisasi
  10. Insentifuntuk menghasilkan tingkah laku yang diinginkan

 

Pasar institusional

Pasar institusional terdiri dari sekolah,Rumah sakit, panti jompo, penjara, dan institusi lain yang telah menyediakan barang dan jasa kepada orang-orang dalam perawatan mereka. Lembaga berbeda satu sama lain dalam sponsor dan tujuan mereka.

Pemerintah

pemerintah adalah sekelompok orang atau organisasi yang diberikan kekuasaan untuk memerintah serta memiliki kewenangan dalam membuat dan menerapkan hukum/ undang-undang di wilayah tertentu.

Dalam hal ini pemerintah adalah suatu lembaga atau badan publik yang memiliki tugas untuk mewujudkan tujuan negara dimana lembaga tersebut diberikan kewenangan untuk melaksanakan kepemimpinan dan koordinasi pemerintahan serta pembangunan masyarakat dari berbagai lembaga dimana mereke ditempatkan.

Dalam arti luas, definisi pemerintah adalah semua aparatur negara (Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif) yang bertugas untuk menjalankan sistem pemerintahan. Sedangkan pengertian pemerintah dalam arti sempit adalah hanya badan eksekutif saja.

 

Pasar pemerintah

Pasar pemerintah telah menawarkan peluang besar bagi pemerintah untuk mendirikan banyak perusahaan, baik besar maupun kecil. Di Sebagian besar negara, Organisasi pemerintah adalah pembeli utama barang dan jasa.Pembelian pemerintah dan pembelian bisnis serupa dalam banyak hal. Namun ada juga perbedaan yang harus dipahami oleh perusahaan yang ingin menjual produk dan jasa kepada pemerintah,. Untuk berhasil di pasar pemerintah, penjual bagian menentukan untuk membuat keputusan kunci, mengidentifikasi, faktor- faktor untuk mempengaruhi perilaku pembeli dan memahami

Recent Posts

Memahami Pengertian dan Tujuan Koreksi

IBX-Jakarta. Wajib Pajak (WP) Badan diharuskan melaksanakan kewajiban perpajakannya sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku, termasuk penyampaian laporan keuangan sesuai dengan Peraturan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK).

Read More »

Liabilitas Jangka Pendek

IBX-Jakarta. Utang merupakan kewajiban untuk membayar yang dicatat sebagai liabilitas (liability) oleh debitur. Liabilitas jangka panjang adalah utang dengan periode jatuh tempo lebih dari satu tahun

Read More »