Intercounbix Indonesia

Shaping a sustainable future

Transfer Pricing | Accounting | Tax | Business Advisory

Sekilas Mengenal Pengauditan Atas Properti, Mesin, Dan Peralatan

Properti, mesin, dan peralatan adalah akun-akun yang tergolong sebagai aset tetap. yaitu aset yang diharapkan akan bisa digunakan dalam jangka waktu lebih dari satu tahun, digunakan dalam operasi perusahaan, dan tidak dimaksudkan untuk dijual kembali dalam kegiatan normal perusahaan. Tujuan untuk menggunakan aset sebagal bagian dari operasi bisnis klien dan taksiran umur penggunaan labih dari satu tahun adalah karakteristik utama yang membedakannya dari aset-aset seperti persediaan, beban dibayar di muka, dan investasi. Pembelian properti, mesin, dan peralatan terjadi melalui siklus pembelian dan pembayaran.

Karena pengauditan atas akun-akun properti, mesin, dan peralatan serupa satu sama lain, digunakan satu contoh yaitu akun peralatan, untuk melukiskan pendekatan untuk mengaudit ketiga tipe aset tetap tersebut.Apabila ada perbedaan yang signifikan dalam pemeriksaan tipe akun lainnya akan segera ditunjukkan.

*Disclaimer*

Sumber: Jusup, Al. Haryono. Auditing Edisi II (Pengauditan Berbasis ISA)

Recent Posts

Kegunaan Memperhitungkan Depresiasi Pada Perhitungan Keuangan Serta Beban Pajak Yang Harus Di Ketahui Oleh Perusahaan

IBX-Jakarta. Depresiasi/Penyusutan merupakan hal yang penting yang harus di perhitungan dalam keuangan sebuah perusahaan. Tak hanya itu Depresiasi termasuk Non-cash expenses yang peting untuk di catat karena mereka mempengaruhi laba bersih perusahaan tanpa mempengaruhi arus kas jangka pendek. Macam Macam dari Non Cash Ekspense yang harus di ketahui Oleh karena

Read More »

Ratusan Ulama di Pangandaran Kompak Bayar Pajak!

IBX-Jakarta. Ratusan ulama dari 93 desa dan 10 kecamatan di Pangandaran berbondong-bondong mendatangi Kantor Samsat Pangandaran. Kehadiran mereka bertujuan untuk membayar pajak kendaraan bermotor secara serentak. Gerakan itu dilakukan ulama di Pangandaran dalam momen Tahun Baru Hijriah. Selain bersilaturahmi dengan pihak Samsat, mereka melakukan pembayaran serentak pajak kendaraan bermotor yang akan jatuh tempo pada 3 Agustus 2024 yang akan datang.

Read More »