Intercounbix Indonesia

Shaping a sustainable future

Transfer Pricing | Accounting | Tax | Business Advisory

Kemenkeu-Kemenhub Jalin Kerjasama Tukar Data, Awasi Kepatuhan Pajak Sektor Transportasi Laut

IBX-Jakarta. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menandatangani Perjanjian Kerja Sama pertukaran data dan informasi sektor transportasi laut. Informasi dan data yang diperoleh akan digunakan sebagai dasar pengawasan kepatuhan pajak di sektor transportasi laut.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyatakan pertukaran informasi yang dilakukan bertujuan untuk melakukan optimalisasi penerimaan perpajakan dan implementasi kebijakan pengawasan, pengendalian dan pembinaan terhadap pengusaha yang menggunakan transportasi laut. Pertukaran data yang dilakukan meliputi basis data, data non-elektoronik, dan informasi tertulis secara daring dan host-to-host antar server Kemenhub dan Kemenkeu.

Guna mendukung implementasi kebijakan pengawasan, Budi berpendapat Kemenkeu perlu mendukung adanya pengadaan Automatic Identification System (AIS) di Seluruh Indonesia. AIS sendiri merupakah sistem yang digunakan untuk mengawasi lalu lintas kapan atau Vessel Traffic Services (VTS) untuk memberikan informasi yang andal mengenai lalu lintas laut. Hal tersebut mengingat wilayah perairan Indonesia yang luas dengan jumlah AIS yang di Indonesia belum merata sehingga terdapat sejumlah kapal yang tidak terpantau.

Recent Posts

Mengenal Lebih Dalam Terkait Barang Lartas

IBX-Jakarta. Dalam ketentuan terkait Bea dan Cukai di Indonesia terdapat sebuah istilah yang disebut sebagai Barang Lartas (barang pelarangan dan pembatasan). Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan 161/PMK.04/2007 jo PMK 141/PMK.04/2020 tentang Pengawasan Terhadap Impor atau Ekspor Barang Larangan dan/atau Pembatasan, menjelaskan bahwa barang lartas adalah barang yang dilarang dan/atau dibatasi pemasukannya

Read More »

Perusahaan Harus Memberikan Perlindungan Bagi Karyawan!

IBX-Jakarta. Sama seperti halnya konsumen, kedudukan pekerja (karyawan) pada umumnya juga lemah di mata perusahaan. Pengalaman menunjukkan hal ini. Oleh karena itu, perlindungan tenaga kerja sudah memperoleh perhatian dunia sejak lama. Asas yang seharusya dipakai dalam hubungan ketenagakerjaan adalah asas manfaat, keadilan, kewajaran, integritas, dan iktikad baik. Asas manfaat dapat juga dinterpretasikan sebagai sesuatu yang saling menguntungkan dalam hubungan ketenagakerjaan.

Read More »